Kamis, 28 November 2013

NSA Curi Data Google & Yahoo via Kabel Optik



WASHINGTON - Kasus peretasan dan penyadapan yang dilakukan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), mulai terkuak akhir-akhir ini. Laporan terbaru menyebutkan NSA mencuri data lewat sambungan kabel serat optik.

Pada Oktober lalu NSA dilaporkan bisa mengakses data pada perusahaan teknologi raksasa Google dan Yahoo. Peretasan tersebut kabarnya dilakukan oleh NSA melalui jaringan data center yang dimiliki oleh kedua perusahaan. Namun terkini New York Times menyebutkan bahwa NSA ditengarai menggunakan kabel serat optik untuk membuka akses ke data center.

Kabel optik dari data center kepunyaan Google dan Yahoo ini bukanlah milik perusahaan itu sendiri, melainkan milik penyedia jaringan. Sebagaimana dilansir dari CNet, Rabu (27/11/2013), dari situlah NSA melakukan penetrasi untuk menejebol keamanan data center.

Dari laporan tersebut disebutkan perusahaan penyedia layanan kabel optik bernama Level 3 diduga memiliki keterkaitan dengan pemerintah Amerika Serikat. Perusahaan tersebut diprediksi memegang peran besar dalam kasus ini. "Sangkaan dijatuhkan pada Level 3," demikian kutipan dari New York Times berdasarkan sumber yang identitasnya dirahasiakan.

Perusahaan Level 3 sendiri adalah penyedia layanan kabel optik yang disewa oleh Google dan Yahoo untuk keperluan data center. Sedangkan perusahaan operator lain yang memiliki kabel optik di Amerika antara lain Verizon Communications, BT Group, dan Vodafone Group. (amr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar