Senin, 25 November 2013

Alasan Mengapa BBM di Android Lemot


Meskipun kehadiran aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS disambut meriah oleh para penggemarnya, namun hingga kini banyak pengguna yang mengeluh soal kinerjanya. Banyak pengguna BBM di Android di situs jejaring sosial berkomentar kalau aplikasi besutan BlackBerry ini sangat lambat dan boros baterai. Salah satunya adalah pemilik akun @geri_grehansen yang berkicau "BBM di Android nguras RAM setengah giga pantas aja lemot."
Bahkan selain BBM untuk Android, BBM untuk iOS juga turut dikomentari. "Mau di iOS atau Android, yang namanya BBM ga jauh dari kata LEMOT," tulis akun @AnggaBre.
Bukan itu saja, para pembaca setia Liputan6.com juga menanyakan perihal lambatnya kinerja BBM di Android, yang dikirim ke email redaksi kami.

Menurut penelusuran tim Tekno Liputan6.com, BBM di Android lambat, dimungkinkan terjadi karena memiliki memori yang cukup besar. Setelah kami cek di menu 'Settings' > 'Aplikasi', ternyata BBM di Android memakan memori internal 36,04 MB dan tidak bisa dipindah ke SD card melalui opsi 'Move to SD card'.
Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi pesan instan WhatsApp. Tak seperti aplikasi pesan instan LINE yang bisa dipindah ke SD card. Meskipun demikian, kinerja WhatsApp jarang mengalami lag atau hang.

Bahkan konsumsi memori RAM BBM di Android ini juga lumayan boros. Saat dalam kondisi idle saja, memakan memori RAM 43 MB. Padahal aplikasi berbagi pesan lain seperti LINE dan WhatsApp, masing-masing hanya mengonsumsi memori RAM sebesar 10 MB dan WhatsApp 22 MB, dalam kondisi sama-sama idle.
Tanggapan Pihak BlackBerry
Lalu apa tanggapan dari BlackBerry? "Perihal isu BBM di Android itu lambat dan boros baterai, kami pastikan bukan dari aplikasi itu sendiri. Banyak faktor yang menyebabkan sebuah aplikasi menjadi lambat," kata Ardo Fadhola, Country Product Manager BlackBerry Indonesia yang dihubungi via telepon, Senin (25/11/2013).
Ardo menyebut, hal itu bisa saja terjadi karena jaringan koneksi internet atau karena handset yang digunakan pengguna. "Untuk Dapat mengakses BBM di Android, smartphone mengandalkan jaringan koneksi internet. Jika koneksi internet tidak mumpuni, otomatis aplikasi BBM di Android pasti akan lambat," tambah Ardo.
Sejauh ini, lanjut Ardo, aplikasi BBM tidak ada masalah. Kalau ada masalah pasti semua pengguna BBM, baik yang berjalan di perangkatBlackBerry, Android, dan iOS juga akan terganggu.
Mengenai spesifikasi pada perangkat, Ardo pun tak mau berkomentar banyak. "BBM lintas platform, minimal kompatibel dengan sistem operasi Android versi 4.0 alias Ice Cream Sandwich dan iOS 7 serta generasi setelahnya," tutupnya. (isk/dhi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar