Rabu, 09 Oktober 2013

Fungsi Keyboard Komputer

Keyboard merupakan perangkat input komputer yang memiliki sejumlah fungsi penting. Fungsi keyboard komputer adalah sebagai media penghubung antara komputer dengan pengguna (user). Keyboard digunakan untuk memasukkan beragam bentuk data ke komputer dan memberikan perintah pada komputer untuk melakukan berbagai proses. Secara lebih spesifik, berikut adalah fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada keyboard.
  1. F1:  kerap kali difungsikan untuk menampilkan fitur help (layar bantuan) pada berbagai aplikasi komputer. Tombol ini juga biasa digunakan untuk mengakses beberapa jenis BIOS dan mengaktifkan fungsi mouse komputer atau  menonaktifkannya.
  2. F2:  biasa digunakan untuk me-rename atau mengubah file atau ikon dan mengakses CMOS Setup.
  3. F3:  berfungsi untuk mengulangi perintah terakhir pada MS–DOS dan mengaktifkan fungsi Wi-Fi atau menonaktifkannya.
  4. F4: berfungsi sebagai undo (mengulangi perintah terakhir pada komputer) dan mengaktifkan suara (volume) atau menonaktifkannya.
  5. F5:  berfungsi untuk me-reload halaman pada web browser atau me-refresh sistem operasi, memulai slideshow pada PowerPoint, dan mengurangi pencahayaan pada komputer.
  6. F6: berfungsi untuk menggerakkan kursor ke Address bar pada Mozilla Firefox dan Internet Explorer serta menambah pencahayaan pada komputer
  7. F7:  berfungsi untuk mengaktifkan layar monitor ke berbagai perangkat komputer, misalnya proyektor.
  8. F8: berfungsi untuk menampilkan Windows startup menu agar dapat mengakses Windows Safe Mode dan menonaktifkan layar monitor dari berbagai perangkat komputer, misalnya proyektor.
  9. F9: fungsi keyboard komputer dari tombol ini adalah untuk membuka toolbar Measurements pada Quark 5.0. dan menampilkan informasi sistem operasi.
  10. F10: berfungsi untuk masuk ke menu CMOS Setup dan membuka email masuk.
  11. F11: berfungsi mntuk menjadikan layar full-screen pada semua web browser internet.
  12. F12:  berfungsi untuk menjalankan Firebug.
Itu sebagian fungsi keyboard komputer untuk sejumlah tombol. Jika dikombinasikan dengan tombol-tombol lain, tombol-tombol di atas akan memiliki fungsi yang berbeda, terutama untuk program Microsoft Word. Misalnya, untuk membuka file dokumen, mengubah teks dari huruf kecil menjadi huruf besar, menampilkan Print Preview, membuka dokumen Microsoft Word yang lain, dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar